You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tiga Museum di Jakarta Tutup Sementara
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Tiga Museum di Jakarta Tutup Sementara

Operasional tiga museum di Jakarta akan ditutup untuk sementara. Penutupan dilakukan sehubungan dengan kegiatan fumigasi gedung museum.

Ketiga gedung museum tersebut merupakan bagunan cagar budaya yang harus dijaga kondisinya agar selalu dalam kondisi terawat baik

Ketiga museum yang ditutup sementara waktu itu yakni, Museum Sejarah Jakarta di Jl Taman Fatahillah No 1, Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat ditutup mulai tanggal 14-19 November.

100 Petugas Lakukan Aksi Bersih Kawasan Museum Fatahillah

Lalu, Museum Joang 45 di Jl Menteng Raya No 31, Jakarta Pusat, mulai 28 November-1 Desember dan Museum Moehammad Husni Thamrin di Jl Kenari II No 15, Kenari, Senen, Jakarta Pusat, mulai 28 November-1 Desember.

"Ketiga gedung museum tersebut merupakan bagunan cagar budaya yang harus dijaga kondisinya agar selalu dalam kondisi terawat baik dari sisi koleksi maupun segi fisik bangunannya," ujar Sri Kusumawati, Kepala Unit Pengelola Museum Kesejahteraan Jakarta (UP MKJ), Minggu (13/11).

Dikatakan Sri, salah satu ancaman yang dihadapi gedung-gedung tua di Jakarta adalah ancaman rayap. Adanya rayap di dalam tanah yang bisa menyebar baik ke dinding maupun kayu yang ada di bangunan museum, dapat  membahayakan kondisi museum serta koleksi yang terdapat di dalamnya.

Berdasarkan catatan yang ada, terakhir kali fumigasi dilakukan terhadap gedung-gedung museum kesejarahan Jakarta ini pada tahun 2012, sehingga sudah waktunya untuk difumigasi kembali tahun ini.

"Fumigasi akan dilakukan dengan cara penyuntikan fondasi gedung dan penguapan di dalam ruangan museum menggunakan bahan kimia tertentu yang direkomendasikan. Penutupan museum kami lakukan untuk menjamin keamanan dan keselamatan pengunjung museum," tandas Sri

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1267 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1236 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1186 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1068 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye807 personFolmer